Geodesi – Geomatika

Disiplin ilmu tertua inilah di mana saya sedang menempuh pendidikan selama kurang lebih satu tahun, ada satu hal yang berputar-putar di pikiran saya mengenai disiplin ilmu ini. Inti dari pekerjaan geodesi dan geomatika adalah pemetaan, namun saya belum bisa berbicara banyak tentang geodesi dan geomatika karena baru kurang lebih satu tahun menempuh pendidikan.

Kurang lebih inilah yang ada di pikiran saya mengenai disiplin ilmu Geodesi – Geomatika,

Salah satu cabang ilmu tertua ini perlahan telah tergeser popularitasanya seiring perkembangan teknologi yang sedikit demi sedikit telah mampu menggantikan pekerjaan-pekerjaan dalam lingkup geodesi. Jika hal ini terus berlanjut tanpa ada pengembangan yang cukup besar pada disiplin ilmu Geodesi – Geomatika, bukankah lama kelamaan tenaga ahli di bidang ini akan tergeser pula oleh penggunaan teknologi dalam pekerjaan surveying? Dari sini seharusnya baik praktisi maupun ilmuwan dalam disiplin ilmu yang sama mulai memikirkan hal lebih besar yang dapat dilakukan dengan cabang ilmu Geodesi. Saat ini sayapun masih “buta” dengan pekerjaan survei, tapi inilah yang ada di pikiran saya.

Bukan maksud saya untuk mengecilkan semangat orang-orang dalam cabang keilmuan ini, tapi semoga hal ini dapat menjadi agenda penting bagi semua pemerhati cabang ilmu geodesi, termasuk saya.

Mohon dikoreksi jika ada kesalahan. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

