Tips Membeli Handphone dan Tablet Android

androidBeberapa minggu belakangan, sering banget ditanyain temen soal kegalauannya milih handphone yang pas buat mereka. Semakin banyaknya produsen dan tipe handphone yang beredar ga heran bikin banyak newcomers kebingungan, apalagi yang ngga ngeh soal spesifikasi teknis pasangan hidup elektronis yang satu ini.

Jadi, langsung aja nih, tips kalau mau beli handphone (khususnya) Android berdasarkan pengalaman dan baca-baca😀

– Kebutuhan, kamu perlu handphone / tablet tersebut untuk apa? Kalau niatnya mau buat baca-baca, pasti dong perlu layar / display yang lebih besar, kalau untuk sehari-hari (SMS, Telefon, Chat, Sosial), handphone dengan display 4″ adalah yang paling tepat.

Budget, pasti laaah, sesuaikan aja dengan kesiapan dana yang kamu relakan buat beli, karena kalau ngejar yang terbaru dan paling bagus ngga akan ada habisnya, dan menurut The Verge aja, ada puluhan gadget (Android) baru tiap bulannya.

– Merk? China, Zimbabwe, Lokal?

Menurut saya ngga ngaruh sih, karena sebagian besar hardware toh diproduksi di China juga, iPhone sekalipun. Cuman memang beberapa produsen seperti Samsung, Sony, LG, dan merk besar produsen Handphone Android lainnya punya kelebihan di dukungan aftersales, maksudnya setelah gadget dibeli, dukungan dari produsen tersebut masih terus ada meskipun dalam jangka waktu tertentu seperti update Software dan Dukungan Garansi. Sedangkan di beberapa merk lain seperti Lenovo, Axioo, punya kelemahan di sini, sedikit banget update software dari produsen ini, juga garansi yang agak ribet dan memakan waktu lama.

Lenovo misalnya, dengan harga yang sama, kamu bakalan dapet hardware yang lebih bagus daripada Samsung, tapi ya itu tadi, dukungan aftersales agak anu …

– Jadi Beli yang Mana dong?

Nah, keputusan akhir tetep terserah kamu, yang jelas sih sesuaikan Budget, dan jangan beli hardware yang terlampau tua, paling ngga 3 bulan sebelum kamu memutuskan beli, cek juga harga bekas / barunya untuk jaga-jaga kalau kamu cuman cinta monyet sama gadgetmu.

Okay, that’s all, selamat ber asik-asik

 

PS:

OOT, Konon BBM untuk Android bakal dirilis resmi tanggal 21 September tahun ini Pukul 18.00, dan tanggal 22 September untuk iPhone. APK nya sih udah ada, tapi mending nunggu resmi dulu deh, biar halal :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s